Cerpen :: Ujian Cinta :)

On Jumat, 08 Juli 2011 2 komentar


Ujian Cinta

Sial,sial!! Hari buruk gue hari ini! Ugh,males bangets sekolah..sebel gue!! Kenapa gue harus berantem ma cewek ‘playgirl’ itu,si Elsy?? Iya,mentang - mentang aku masih jomblo,enak banget sih..ngeledek aku ‘n sobat-sobatku yang lain!!! Sekarang aja dia nekat mau ngomong kalo aku suka ma ketua kelasku sendiri,Pratama!! Ih,sori banget ya,aku ga level ma orang seperti Pratama!!! Iya emang bener sih,aku pernah suka ma Pratama tapi itu dulu,sekarang..khan jelas lain dong!!!

 
“Ra,elo marah ya?”Shandy datang tergopoh-gopoh menghampiriku yang baru dikerjain ma Elsy ‘n The Gank.
Mukaku merah padam,”Benci banget gue!!”
“Sabar dong..”Lila mencoba menenangkanku.
“La,gue ga bisa diem aja! Lama-kelamaan Elsy bakal ngerjain gue seumur hidup! Loe mau??”
“Tapi bisa diselesaikan dengan kepala dingin khan?”
Aku duduk di bangkuku,”Kepala dingin? Ini udah ampe batasnya,La!”
Shandy duduk disampingku,”Problemnya apa,Ra?”
“Emh..soal Pratama..”
“Emang kenapa lagi sih Pratama itu?”tanya Lila.
“Biasalah,gossip lagi yang aneh itu tuh.. gue diaduin ke Pratama hanya karena ga mau kasi contekan! Ih,nyebelin banget toe anak!!”
“Iya,tapi masalahnya apa?”
“Aku gak mau klo Pratama tau perasaanku,Dy..”ujarku lirih. “Lagian,mana mau dia punya cewek kayak gue..?”
“Siapa tau,kan..”bela Lila.
“Iigh..nyebeliin!!”kataku kesel.
“Nyebelin..atau nyenengin..?? Loe itu agresif,optimis,lumayan,standarlah..”kata Shandy tertawa. Uuh..!!
“Apa??!”ujarku kaget. Aku cewe yang standar katanya? Apa gak salah??
“Lagian,kalo dipikir juga Elsy ga salah kok..”
Aku menunduk, “Pratama kan jangkung, kerempeng lagi.. gak seperti aku!”
“Loe putih,cantik trus jangkung lagi..ya..mirip kaya Pratamalahh..bisa dibilang lo tuh kembarannya si Pratama..” ujar Shandy mantap.
“Di matanya Pratama loe itu anaknya manis,cantik,keren,pokoknya perfect dech!!”kata Lila mendukung Shandy.
“Ugh..!”
“Loe cocok ma dia! Ngaku aja deh lho..Gak usah pakai main rahasia-rahasian begitulahh..semua udah jelas! Kalian berdua sama cemprengnya,kerempengnya,tinggi juga iya..apanya yang kurang? Cuma warna kulitnya yang beda! Pratama jelas lebih hitam..”ujar Lila tersenyum simpul.
“Satu lagi,dia hebat banget dibidang sport!! Ngga nyangka,nilai olahraganya masih masuk peringkat 10 besar loh..Selalu paling pertama kalo lari.. kalah dibanding loe! Ummh..katanya waktu ini dia catet rekor 4x lari 6 menit ya? Hebat!!!”ujar Shandy menyalami tanganku seraya mengatakan ‘selamat atau congratulations’ yang bikin aku ngerasa..geer..
Aku terdiam. Bingung. Ada yang menyentuh pundakku,”Dara,bisa ngomong sebentar?”
Aku noleh,”Eh,Pratama.. Ada apa ya?”
Pratama mengulurkan tangannya,”Di luar aja,yuk.”
Aku menatap mata sobat-sobatku,mereka mengangguk.”Udah sana pergi!!”
“Sudahlah, pergi saja..”kata Ari.
Aku mengangguk,”Yuk..”
Aku dan Pratama berjalan ke luar kelas.”Mau ngomong apa??”
“Yah,emang kamu bener suka sama aku? Jawab jujur!”
“Ng..enggak..nggaklah..”aku berbohong.
“Bener?” Pratama natap mataku.”Sumpeh lo?”
“Iya! Eh ,aku mau ke kelas dulu ya!”aku buru-buru masuk kelas meninggalkan Pratama yang terbengong sendirian.
Fuh..syukurlah,aku berhasil kabur..batinku dalam hati. Sahabat-sahabatku mendekat padaku sambil tersenyum misterius.
”Kenapa?”tanyaku serius.”Kok semua ngeliat aku kayak gitu?”
“Ngomong apaan barusan??”tanya Lila penasaran.
“Mau tau aja..”
“Chieee… Ngomong apaan tuh..”ujar Shandy senyum-senyum,ngegodain aku.
“Koq senyum-senyum? Hayoo ngomong apa? Hmm..suaraku serak nih..Ekhm..Hmm”ujar Lila pura-pura bersuara serak,yang tujuannya ya..ngegodain..
“Ekhm!”
Ya! Semua temen-temen rada-rada serak suaranya! Uggh..nyebeliin!!
“Jangan marah dong.. Nanti Pratamanya gak suka lage ma wajah cemberutmu itu!”
“Oh ya?”ujarku nggak peduli.”Masa?”
“Ya donk! Secara dia kan soulmate mu!!”ujar Lila sambil menyantap mie baksonya.
What?? Kamu bilang soulmate?? Gue ga salah denger? Sori yah,gue gak ada hubungannya ma tu Pratama!”
“Ssth..jangan keras-keras nanti kedengeran Pratama,bisa berabe masalahnya! Liat tuhh!”ujar Lila sambil menunjuk meja makan nomer 3 yang diduduki Pratama and friends nya.” Loe ga mau khan kedengeran ma dia?! Jarak meja kita dengan mejanya khan cuma seling satu meja aja! Makanya, kalo ngomong itu kecilin dong volumenya!”
“Biarin! I don’t care, you know?!”ujarku cuek.
“Eeh..dikasi tau malah membantah! Kalo elo kena masalah,truz loe bawa-bawa Bagus..yang ribet kan kita,sobat elo!”ujar Shandy gusar.
“Iya..iya..Maaf..”ujarku seolah tak peduli. Mataku menerawang ngeliat Pratama yang asyik melahap pizza kesukaannya. Weekk..
“Ra,loe jangan keasyikan ngelamun dong! Whoy!”Lila menepuk pundakku.”Hey! Udah bel masuk nich!”
“Haah?!”ujarku kaget. Semua gara-gara Pratama,coba wajahnya gak kayak gitu!! Uggh..sebeell!
Bel masuk telah berbunyi,semua siswa masuk kelas. Mata pelajaran kali ini adalah Biologi, pelajaran favoritku. aku begitu bersemangat mengikuti pelajaran kali ini.. setelah 1 jam belajar akhirnya bel istirahat berbunyi.
Teng! Teng!
Semua siswa memasukkan buku ke dalam tas,mengucapkan salam pada Bu Erni,guru Biologiku,kami dipersilahkan istirahat.
Sahabat-sahabatku ngumpul di kantin bareng aku. Aku yang sejak tadi diam,menimbulkan tanda tanya sobat-sobatku.
“Kenapa,Ra?”tanya Shandy
“Ra? Dara?? Haloo..”Lila menerawang mataku.
Aku terkesiap,kaget,”Eh??”
“Oh..aku tau..”kata Lila senyum-senyum.”Nggak nyangka,Pratama yang wajahnya pas-pasan gitu atau bisa dibilang mendekati wajah yang jelek bisa bikin elo jadi bengong kayak kesambet setan??”
“Lho jangan begitu dong..Masih untung dia dikasi wajah pas-pasan kaya gitu, daripada dikasih wajah kayak gorilla? Ihh.. amit-amit!”bulu kudukku merinding. Hiyy..
“Iya..Emang calon pacar pasti ngedukung pacarnya teruz..Ehm..”puji Shandy.
“Uuh..”aku menghembus nafasku yang berat. Aku memutuskan kembali ke kelas diikuti sahabatku yang setia.
Kebetulan kelasku lagi sepi. Kebanyakan cowoknya pada cabut semua,ya iyalah ke kantin dong! Guru kelasku sendiri sibuk ngurus lomba di sekolahku. Yang tinggal di kelas cuma aku,Dewi,Tari,Lestari,Tuti,Pratama,dan beberapa bebek peliharaannya. Aku boring banget,sementara temen-temenku pada sibuk ‘ma kerjaan mereka sendiri. Ada yang pacaran,berantemlahh..aduh,puyeng nih kepala!
“Eh..Yayang Pratama!” Dewi memanggilku. Aku pura-pura tak mendengar.
“Aduuh..Padahal Pratama tuh kan pacarnaya Sheila..”seru Tari heboh. Dasar lebay!
Telingaku panas,pipiku merah. Ngga tahan aku ngedengernya. Aku benci digodain kayak barusan. Pingin kutonjok saja muka mereka berdua!!
“Yee..siapa juga? Mau aja percaya gosip!”ujarku sambil menjambak rambut Tari sampe orangnya meringis kesakitan.
“Aduuh!”jerit Tari sambil merapikan rambutnya.”Mukamu merah tuh?”
“Kenapa?? Iri ya?”ujarku sewot. Masa aku dibilang cinta ‘ma orang sombong,jangkung macam Pratama ? Ihh..nyebelin banget!
Pratama itu anak yang pernah kusukai sejak aku sekelas sama dia,dulu.. sebenarnya dia baik,hanya saja dia nggak bisa ngomong sama aku.. Ngomong aja kadang-kadang,marahin aku aja seperti nggak tega nggak seperti dia marahin teman-temanku yang lain.. Aku jadi iri,kok dia mau ngomong sama yang lain,sementara dia ragu buat menegur atau mengobrol bareng aku.. Aku sepertinya susah akrab sama dia ya??
Sayangnya,Pratama itu banyak banget punya pacar,padahal wajahnya pas-pasan gitu..Pacar pertamanya itu Sukma,tapi putus karena salah paham,sampai sekarang mereka seperti anjing dan kucing. Pacar keduanya Ayu,namun pupus ditengah jalan,padahal belum beberapa hari mereka jadian. Pacar ketiganya itu Lidya, tapi emang dasar sial si Pratama diputusin lagi ‘ma Lidya,karena Pratama itu posesif,suka nuduh sembarangan..Lidya udah gak tahan sama sifatnya Pratama! Dasar apes, tiga kegagalan cinta,pasti trauma banget yah..
Bel pulang sekolah pun berbunyi. Akhirnya aku pulang. Mendadak,hpku bergetar,eh..Mama sms rupanya. Duh,feelingku agak aneh nich. Ternyata,sopirku ga bisa jemput,lagi nganter Mama jenguk temannya ke rumah sakit Medistra. Terpaksa naik angkot nich..
“Kok belum di jemput?”
“Gue naik angkot sama loe ya?”
“Boleh,ikut aja!”kata Lila.”Eeeh..sakit! Kok kamu narik tanganku?!”
“Loe gak liat apa,di situ..itu kan dia udah deket ‘ma kita..”
“D..dia siapa? Eh, Pratama??”tanya Lila.”Uups,dia makin ngedeket-deketin..Cabuut!”seru Lila sambil menarik tanganku.”Cepetan!”
“I..iya”ujarku terbata sambil terus berlari.
H..ha..huh.. Fuh,untung Dewi Fortuna masih memberkati aku dan Lila,syukur Pratama gak bisa nyusul kan aku uda nyebrang and naek angkot yang kebetulan agak sedikit penuh..gak mungkinlah dia seangkot ‘ma aku! Tapi,apes! Ternyata biar hampir penuh,muat juga tuh gajah bengkak masuk ke angkot ini.. nyebeliin banget! Aku sampai sesak duduk berdesak-desakan,semua gara-gara si ‘Carrion’!
“Duh, inilah malasnya aku kalo di suruh naik angkot! Desak-desakan, ketemu Mr. Orgil itu lagi..!” gerutuku pada Lila.
“Eeh..dia emang jodoh kan,seangkot,sekelas,wah..serasi banget. Tau enggak, kemarin aku ngeliat dia. Dia dianter bokapnya naik motor Mio Soul,warnanya mirip tasmu! Trus, ada poster tokoh idolamu!”
“Kebetulan kali..dia beli motor itu sama seperti tasku!”jawabku enteng,tapi aku terkejut.”Eeh tunggu,maksud loe?? Ada poster?”
“Iya,ada poster tokoh favoritmu,Sasuke!”
What?! Nggak mungkin! Rasa-rasanya dia gak pernah tuh suka sama Sasuke!? Emang dia tuh saraf yah!”
“Enggak..enggak mungkin rasanya deh! Ga masuk akal banget kan,kalo dia gak suka ‘ma Sasuke,ngapain dia nempelin stiker toe di motornya?”bantah Lila.”Kaya’nya dia taw,kamu suka banget Sasuke,makanya warna motornya seperti warna tas jodohnya!”
Aku hanya monyong-monyongin bibir,kesel banget tau gak sich?! Angkot itu pun nyampe di depan komplek rumahku dan Lila. Uang bayar angkot aku titip ke Lila,abis aku gak mau ketemu Mr. Orgiill!! Iiigh..!!

Sekarang,adalah hari Sabtu. Sebenarnya hari yang ‘free’atau bebas,hanya ekskul aja. Jadi aku nikmati aja hari ini,meski sedikit nyebelin..
Dengan senyum yang aneh,dia senyumin aku sekali lagi. Diam-diam tanpa sepengetahuan teman-temanku aku membalas senyumannya,dia seneng banget..Mungkin dia mau jadi bintang iklan pasta gigi Pepsodent kali.. Ekskul ku dah kelar,genk ku ngajak aku ke lapangan sepakbola. Aku sich sebenernya ogah diajak ke situ,tapi BFF(Best Friend Forever) doong.. yach terpaksa aku harus ke situ.. Di sana aku liat Dika yang lagi mesranya ma si Tari,trus Andra ‘ma Shandy,Yondi ‘ma Lila,and Dewi ‘ma Andrew yang ngedeketin aku yang sendirian..Secara aku kan jomblo?! Cowok-cowok tuh istirahat abis main bola,ya ekskul mereka kan sepakbola?! Pertandingan dilanjutkan, keempat sobatku saling nyemangatin kekasihnya, cuma aku yang enggak..aku kesepian banget..Jauh dari tempatku duduk,sepasang mata melihatku,dia Pratama. Entah mengapa firasatku nggak enak. Dan emang bener,Pratama berjalan mendekatiku..
“Hai,koq ga ikut mereka jadi cheerleader?”
“Gue kan gak punya cowok..Ehm.. By the way.. Sheila mana?!”
“Gue udah putus kok sama Sheila! Loe kan masih bisa support gue..”ujar Pratama tersenyum.
Aku kaget,apa yang dia omongin barusan?! Aku terpaku,Pratama duduk disampingku,memegang tanganku lembut,dan dia menatapku.
“Aku gak bakal ngecewain kamu.. Aku janji..”
Pertandingan dilanjutin,meski aku nggak ngerti,ya udah aku ngedukung aja..Eeh,ngapain tuh Pratama? Bolanya nyasar tuh,nggak masuk gawang! Kok malah dia yang kepleset?? Ugh, konyol banget! Dalam hati aku ketawa,abis Pratama lucu sih..Ha..ha..ha..
“Yaaakh..tendangan maut Pratama…!! Ha..ha”seru Lila seraya tertawa terbahak-bahak.
“Pratama..elo tuh..lucu banget..”ujarku menahan tawa. Dasar Pratama, mentang-mentang idolanya Kaka mantan pemain AC Milan, tapi dianya keok duluan!! Gimana mau jadi seperti Kaka, main aja amatiran begitu!!
Latihan sepakbola pun selesai,dengan skor imbang 1-1. Pratama itu emang anaknya payah banget ya??!
Mendadak sorenya Lila ngajak aku ke Lapangan Sepakbola. Tau deh mau ngapain,tapi aku ikut aja deh.. Mungkin seru..
Lila mengajakku sembunyi di semak-semak.”Ssth..!”
“Eh,liat tuh,Pratama! Ngapain dia disini,sore-sore?”
“Waduh..rajin banget tuch anak,sore-sore begini masih jogging.. Pantas aja nilai olahraganya tinggi..” Lila memujinya
“Idih..dia khan mau main sepakbola!!? Tinggalin aja dia,dia butuh ketenangan buat ‘tendangan maut’nya!”
Lila geleng-geleng kepala,”Hari gini masih aja ada anak yang rajin seperti Pratama yah?”
“Uugh..dimana-mana ada Pratama.. “ujarku kesal. Keliling duniapun Pratama tetap bisa menemukanku.. Pokoknya dia nyeebeeeliin!!
Aku dan Lila berniat untuk meninggalkan Pratama,lagian hari udah mau malam nih.. Aku juga takut ketahuan Pratama. Lila nganterin aku pulang. Pratama juga udah punya Sheila,gak tau apa udah putus.. Aku nggak mau ngerebut pacar orang..!! Biar aku suka,tapi aku harus sembunyikan rasa ini, dan suatu saat aku akan mengutarakannya!! Tiap aku deket ‘ma dia..semua pada ngejek dia,ngeledek dia,didepan aku.. Aku ga bisa, aku cuma bisa diam,dan menyendiri..cuek ama yang mreka katain,meski didepan aku! Aku bingung,wajar aja kalo setiap orang punya kekurangan..tapi,gak mungkin banget semua orang gak ada yang sama sekali gak punya kekurangan. Itu mustahil tau!
Tapi,walau lewat di depannya pun aku liat Bagus diam,mikir CBSI (Cewex BerStandar Internasional) nya dia kali.. Cowok yang make baju AC Milan itu, bernomor punggung 21 alias Andrea Pirlo,melamun yang gak jelas. Huuh..coba hati punya mulut yang bisa mengutarakan segalanya,termasuk isi hati ya..?
Dasar..dia emang munafik!! Dia bergaya hidup mewah,punya motor Suzuki Thunder,Mio Soul, mobil Avanza..rumahnya juga gede..hape kameraan.. meski kerjaan bokapnya dibawah papa,tetep aja dia arogan begitu,gak punya sopan santun,sok pinter,padahal semua kemewahannya dia kan cara kredit!!! Dia,sang playboy cap burung merak ’n cap obat nyamuk paling populer di kelasku.. dia juga terkenal sih,orang penting dan sangat berarti,itupun gara-gara jabatannya dia tuh yang seorang ketua kelas (nyebelin ‘n nggak pernah becus!!). Aku juga bingung, kok banyak yang milih dia jadi ketua kelas?? Iya sih,aku juga milih dia,tapi..kenapa gak ada kandidat lain yang berani selain dia apa?!? Masa gampang banget dikalahin ‘ma orang macam Pratama?!? Mereka bilang Pratama tuh Lemah Otak(lemot),kenapa gak ada yang berani sih mencalonkan diri jadi the leader? Kena karma tuch..he..he..
Keesokan harinya,emang hari yang apees banget!!! Hari ini aku ikut try out di sekolah. Dan problemnya,masa aku duduk bareng Pratama sih?!? Dia kan modalnya cuma tampang doang,otaknya pas-pasan kan?! Ini emang ujian yang paling beraaat banget,ujian cinta..! Duuh..nasib..nasib!! Kok aku sial terus sih?! Mana duduknya sama si krempeng itu lagi..!! Pasti ntar semua pada ngeledek aku dech.. dibilang pacaranlah,padahal aku tuh gak ada maksud nyari kesempatan di dalam kesempitan,apalagi sama orang yang JaIm kayak Pratama!!! Aku pokoknya harus belajar keras,jangan sampai Pratama melampauiku!! Tegar dong,Ra..hati kecilku berbisik. Aku pikir apa ini takdir buatku? Apa aku harus selalu bersama dia? Apa ini namanya kesempatan??
“Ra,ini kesempatan.. jangan disia-siain dong!!! Kesempatan cuma dateng sekali.”kata Shandy sambil tersenyum.
“Nggak banget duduk sama orang yang seperti Pratama!!! Kalian pikir duduk bareng orang yang seperti Pratama itu enak?!?” aku emosi.
“Ra,yang santai aja ya..Jangan tegang,baru duduknya sama Pratama..”kata Lila menyemangatiku.”Chiee..”
“Chieee…!! Yang duduknya sama kekasihnya!! Akhirnya jadi juga dudukmu sama Pratama..”sorak Tari,Dewi dan yang lainnya.
“Iiighh..sebel..!!! Kenapa aku harus duduk sama Pratama sih!?”aku mengeluh.
Bel masuk pun berbunyi. Akh! Kenapa harus bunyi sih belnya?? Mulai deh siksaanku di nerakanya Pratama! Aduuh..aku pasti grogi nih,apalagi duduknya sama pangeran,eh Pratama..
“Eh,Dara..aku boleh nanya??” Pratama memanggilku,”Tau jawaban nomer 2? Soalnya susah banget sih.. kamu kan pinter,pasti kamu tahu!!”
“B..boleh.. Ummh..jawaban nomer 2..”aku ngeliat jawabanku,”Jawabanku,A !”
“Makasih ya..!”
Bel tanda selesai try out berbunyi. Akhirnyaa..selesai juga..penyiksaan lahir batinku..!! Aku harap nggak duduk sama Pratama lagi,kalo iya aku bisa keriing..ditanyain melulu!!! Aku jadi kesel ‘ma dia,padahal aku benernya suka..
Mendadak Pratama deketin aku,”Aku mau ngomong.”
“Mau ngomong apa..?”
“Aku suka ‘ma kamu..Aku mau,kamu jadi..”
“Apa maksudmu!?”
“Mau nggak,jadi cewekku?”kata Pratama malu-malu,”Pliizz..”
Aku terdiam.
“Kamu suka kan sama aku?! Ya kan?!”
“Ng..gimana ya?”aku ragu-ragu,”Ya! Emang aku suka sama kamu..”jawabku jujur.
Pratama tersenyum bahagia,dia memelukku. Suatu hal yang langka terjadi!! Dan hal itu terjadi padaku hari ini.. aku nggak menyangka.. Oh my god, keinginanku tercapai juga dan pada akhirnya hal itu terjadi.. Mimpi itu mungkin hanya khayalan atau ilusi,tapi aku yakin suatu hari mimpi itu pasti akan terkabul..

2 komentar:

Daek Chin mengatakan...

hahahaha
apa itu pengalaman pribadi???:-)
.
depan'y aj kyk'y pengalaman pribadi!!!

Arys_thaa Satwikani mengatakan...

maybe it's true story daeekk :) thanks for comment

Posting Komentar